Sekilas Tentang Struktur Data

Pengertian Struktur Data

Struktur Data adalah sebuah bagian dari pemrograman dasar di mana bertujuan untuk membuat sebuah struktur penyimpanan data yang digunakan saat program dijalankan. Struktur Data berbeda dengan basis data. Basis data merupakan ilmu untuk mengakses dan memelihara data yang disimpan di dalam penyimpanan ( strorage ) seperti misalnya hardisk dan di akses dari sebuah antarmuka aplikasi seperti DBMS (Database Management System). Struktur data berada pada level pemrograman dimana digunakan untuk tempat penyimpanan data yang digunakan oleh program terkait dengan alokasinya di memoru (bukab storage atau hardisk) struktur alokasi di memori untuk penyimpanan data yang sedang digunakan oleh program inilah focus dari struktur data.

Illustrasi focus dari struktur data dapat dilihat pada gambar berikut ini :



Struktur data bertujuan agar cara mempresentasikan data dalam membuat program dapat dilakukan secara efisien dalam pengolahan di memori dan pengolahan penyimpanan dari program ke storage juga lebih mudah dilakukan. Struktur data sebenarnya juga meliputi larik (array) dan record (rekaman) pada berkas beruntun (sequential file) yang dipelajari dalam algoritma dan pemrograman sebenarnya juga berupakan bagian dari struktur data untuk penyimpanan data di memori sebagai larik atau di dalam file sebagai record. Penyimpanan record di dalam file adalah cikal bakal adanya aplikasi basis data, karena sebenarnya aplikasi basis data berbasis pada konsep penyimpanan record di dalam file.
Pembuatan strukture data dimulai dari analisis perancangan data apa yang harus dimanipulasi di memori agar program yang dibuat lebih efisien. Langkah yang kedua dalah mengimplementasikan struktur data dalam bahasa pemrograman, dan selanjutnya menggunakan struktur data yang sudah dibuat untuk memanipulasi data di memori dalam sebuah program, misalkan pada ilustrasi langkah - langkah berkut :


1. Sebuah data manusia yang teridiri dari
  • Nama
  • Alamat
  • No_ktp
  • No_telp

Dan diperlukan untuk menyimpan data manusia, maka dalam logika akan dipersiapkan tempat untuk menyimpan sebuah data manusia, maka dibuat sebuah tipe data bentukan untuk menyimpan data manusia.
Nama Alamat No_ktp No_telp
2. Dari data manusia yang ada diisi dengan data seorang manusia.
Nama Alamat No_ktp No_telp
Ceu Popong Bandung 135234 08765782
3. Dari data manusia yang ada digunakan untuk menampung beberapa data manusia
Nama Alamat No_ktp No_telp
Ceu Popong Bandung 135234 08765782
Dono Bandung 134345 08765783
Sutija Bandung 124345 08965782

Berdasarkan illustrasi di atas dapat dilihat bahwa sebuah struktur data adalah cara menyediakan tempat yang baik dan tersusun secara terstruktur agar data yang disimpan dapat dibca dengan lebih mudah.
Share on Google Plus

About Dadan Pauzan

Kami merupakan salah satu komunitas yang hobi menulis artikel di blog, main game, ngoding, edit musik dan membuat video.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentarnya di Bawah ini....!!!!!