- MULTI [latin nouns]: banyak; bermacam-macam
- MEDIUM [latin]: sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
- MEDIUM [American Heritage Electronic Dictionary, 1991]: alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video
|
- Kombinasi dari komputerdan video (Rosch, 1996)
- Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)
- Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
- Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
- Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.(Hofstetter 2001)
- Menurut wikipedia.org : Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM.
- Standarisasi komputer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaani inimerupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.
Kenapa CD-ROM ? Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja. |
Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry Association:
Pada Tahun 1990 : | Pada Tahun 1993 : | Pada Tahun 1996 : |
-16 MHz 386SX CPU | -25 MHz 486SX CPU | -75 MHz Pentium CPU |
-2 MB RAM | -4 MB RAM | -8 MB RAM |
-30 MB Hard Disk | -160 MB Hard Disk | -540 MB Hard Disk |
-256-color, 640x480 VGA | -16-bit color, 640x480 VGA | -Video system that can show 352x240 at 30 frames per second, 15-bit color |
-1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read,with < 1 second seek time | -2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400ms seek time | -4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 250ms seek time |
-Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit sound | -Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound | -Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound |
-Windows 3.0 with Multimedia Extensons. | -Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1 | -Windows 3.11 |
-MPEG-1 hardware or software video playback |
- Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
- Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
- Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
-Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat -Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar -Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat -Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan. |
- Mengubah mengubah tempat kerja.
- Mengubah cara belanja
- Mengubah cara bisnis.
- Mengubahcaramemperolehinformasi.
- Mengubah cara belajar.
- Internet Multimediajugamulaibersaing dengan televisi dan radio.
- Perception Medium
- Representation Medium
- Presentation Medium
- Storage Medium
- Transmission Medium
- Information Exchange Medium
SISTEM MULTIMEDIA :
- A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media
- Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?
- Kombinasi Media
- ndependence
- Computer- supported Integration
- Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
- Sistem Multimedia Stand Alone
- Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Dalam sistem multimedia terdistribusi, data ditransmisikan (time dependent) dan terjadi pertukaran informasi.
Sistem
Digital
|
Informasi
dibagi
menjadi
beberapa
Unit
(Packets)
|
Packets
Dikirimkan
|
Packets
Diterima
|
Packets
Disusun
Ulang
|
Informasi
Disajikan
|
Berdasarkan Mode Transmisi
-Asynchronous Transmission Mode
a. Komunikasi tanpa batas waktu. Packets mencapai penerima secepat mungkin
b. Paket yang dikirm cepat karena tidak perlu adanya sinkronisasi
c. Informasi untuk discrete media dapat ditransmisikan sebagai aynchronous data stream
d. Contoh : transmisi e-mail
-Synchronous Transmission Mode
a. Terdapat batas waktu tunda maksimal untuk setiap packet dari suatu data stream.
b. Butuh sinkronisasi
c. Penerima butuh buffer untukmeny pimpan data sementara sambil menunggu paket lengkap
-Isochronous Transmission Mode
a. Terdapat batas waktu tunda maksimal dan minimal
b. Melakukangaransipaketditerimadenganbaik
c. Client memberikan informasi kepada server tentang statusnya
d. Membutuhkan buffer yang sangat besar
Berdasar Periode Streaming
-StronglyPeriodic Stream
-WeaklyPeriodic Stream
-Aperiodic Stream
Berdasarkan Ukuran Paket
Strongly Regular Stream
|
Weakly Regular Stream
|
Irregular Data Stream
|
Ukuran packet konstan
|
Ukuran packet data
berubah secaraperiodik
|
Ukuran packet data tidak tentu
|
Contoh: uncompressed
audio/video stream
|
Contoh : MPEG
|
|
Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video,dan web master
0 comments:
Post a Comment
Silahkan Berikan Komentarnya di Bawah ini....!!!!!