Contoh Sederhana Dari HTML


Pembelajaran Dasar :
HTML adalah standarisasi format file untuk transfer informasi via internet melalui protocol/HTTP, protocol adalah aturan untuk melakukan komunikasi dalam sebuah jaringan, port yang digunakan untuk HTTP adalah 80 atau 8080.
Format file HTML adalah Plain text biasa yang dapat diedit dengan word processor seperti notepad sekalipun. Ekstensi file HTML ini adalah .html atau .htm.
Suatu File HTML normalnya meiliki bagian-bagian seperti berikut ini : 
<html>
<head>
<title>Judul Website</title>
</head>
<body>
Bagian Yang Tampil di layar
</body>
</html>
Pada Script { isi file atau teks dalam file html } di atas, terdapat tanda-tanda khusus yang diawali dengan "<" dan diakhiri dengan ">" yang biasanya disebut TAG. Tag-tag ini lah yang mengatur segala hal dalam html ini, baik itu mengatur paragraf, warna teks, menampilkan gambar, dan sebagainya.

Contoh Sederhana : 
Silahkan buat file dengan nama latihan.html dengan TextEditor{Applikasi untuk mengedit Plain Text, con: UltraEdit, Notepad}, kemudian tuliskan script di bawah ini:
<html>
<head>
<title>HTML Pertamaku!</title>
</head>
<body>
Saya telah dapat membuat<br>
<b>HTML</b> yang paling Sederhana
</body>
</html>
Sekarang kita jelaskan fungsi Tag-tag tersebut satu-persatu. Mulai dari <html> yang maksudnya menyatakan bahwa file tersebut adalah HTML, <head> yang maksudnya keterangan untuk file HTML tersebut harus disimpan diantara tag tersebut. <title>HTML Pertamaku!</title> yang maksudnya menentukan Judul file HTML tersebut adalah HTML Pertamaku. </head> adalah akhir dari keterangan file tersebut.
Untuk Bagian di dalam tag <body>…</body> inilah yang akan ditampilkan pada layar browser nantinya. Jadi script:
Saya telah dapat membuat<br>
<b>HTML</b> yang paling Sederhana
Adalah bagian yang akan tampil di layar. Terdapat tag <br> yang artinya ganti baris. HTML tidak mengenal karakter Enter, maka untuk mengganti baris digunakan tag tersebut. Sedangkan tag <b></b> artinya tebalkan tulisan yang berada di dalamnya, yaitu “HTML”.
Demikian sedikit pembahasan tentang HTML Sederhana, apabila ada yang kurang jelas bisa ditnyakan. :)
Terima kasih telah mengunjungi blog kami.

warning!!!apabila ingin copas artikel ini maka sertakanlah sumbernya.
Share on Google Plus

About Dadan Pauzan

Kami merupakan salah satu komunitas yang hobi menulis artikel di blog, main game, ngoding, edit musik dan membuat video.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentarnya di Bawah ini....!!!!!