Prompt [JavaScript]


JavaScript memiliki perintah dasar yang digunakan untuk menerima input yang akan diproses nya. Input dapat berupa data yang dimasukan dari keyboard dari pengguna program dalam JavaScript ada beberapa macam, tetapi untuk yang paling sederhana, kita akan menggunakan perintah  promt.

Perintah :
namavariabel= prompt("Pesan Untuk Pengguna", nilaidefault)

nilaidefault adalah nilai awal yang diasumsikan, jika pengguna tidak mengubahnya, maka nilai ini yang akan menjadi nilai yang diisikan ke dalam variabel.

Contoh :
nama= prompt("Masukan Nama","")
umur= prompt("Umur?","")

Catatan : perintah prompt() tidak dapat dijalankan pada browser internet explorer mulai versi 7, karena alasan keamanan, Jadi untuk mencoba perintah prompt() ini, maka kita harus menggunakan browser Firefox, Google Chrome atau yang lainnya, selain IE (Internet Explorer)

Contoh Lengkap :

Hasil eksekusi dalam browser web :

Tampilan di atas menunjukan hasil eksekusi js_propt.html, browser akan menampilkan tulisan Contoh menerima input, yang diapit dengan tag <h1>....<h2>, kemudian browser mengeksekusi bagian JavaScript, pada saat menjalankan perintah prompt dalam JavaScript, maka ditampilkan kotak untuk menerima input, dengan nilai default yang didefinisikan 'Dadan Pauzan'. Pengguna dapat mengganti nilai default tersebut, misal dalam contoh ini kita mengganti dengan kata 'Udin'. Setelah diisi, pengguna harus menekan tombol <Enter> atau meng klik tombol OK

Posting kali ini di cukupkan sekian, dan mohon maaf untuk penulisan contoh JavaScript saya menggunakan Screenshot, karna bila agan mau mencoba script tersebut dibiasakan mengetik ulang, supaya dalam mengaplikasikan JavaScript nya mudah di pahami. :)

Bila cara di atas kurang jelas bisa melihat video di bawah ini :)


Sumber:JavaScript(Betha Sidik)
Share on Google Plus

About Dadan Pauzan

Kami merupakan salah satu komunitas yang hobi menulis artikel di blog, main game, ngoding, edit musik dan membuat video.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentarnya di Bawah ini....!!!!!