ALAT- ALAT OUTPUT


ALAT- ALAT OUTPUT
Perangkat output atau alat output adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan, image , suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). 

Peralatan output dapat berupa:
  1. Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
  2. Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
  3. Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

Soft-Copy Device
1. Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft copy device, karena keluarannya adalah  berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. 
Prinsip kerja monitor CRT (Cathode Ray Tube) adalah sebagai berikut  :
  • Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya.
  • Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu di tabung bagian dalam.
  • Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer.Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu.
  • Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. 
  • Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.

Cara kerja Monitor LCD yaitu,
  • Kristal cair akan menyaring cahaya backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus cahaya dengan warna yang berbeda. Beberapa ratus cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar. Warna yang akan dihasilkan tergantung pada sudut refleksi. Jadi jika beda sudut refleksi maka beda pula warna yang dihasilkan.
  • Dengan memberikan tegangan listrik dengan nilai tertentu. Kristal cair dapat berubah sudutnya. Dan karena tugas kristal cair adalah untuk merefleksikan cahaya dari backlight maka cahaya backlight yang sebelumnya putih bisa berubah menjadi banyak warna. Kristal cair bekerja seperti tirai jendela. Jika ingin menampilkan warna putih kristal cair akan membuka selebar-lebarnya sehingga cahaya backlight yang berwarna putih akan tampil di layar. Namun Jika ingin menampilkan warna hitam. Kristal Cair akan menutup serapat-rapatnya sehingga tidak ada cahaya backlight yang yang menembus (sehingga di layar akan tampil warna hitam). Jika ingin menampilkan warna lainnya tinggal atur sudut refleksi kristal cair.

Liquid Crystal Display (LCD)
Organic Light Emitting Diode (OLED)
  • OLED adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. 
  • Monitor jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT. Keuntungan OLED adalah kualitas warna yang lebih baik, lebih hemat listrik dibandingkan monitor LCD pada ukuran yang sama, dan desain yang sangat tipis.
  • Kekurangannya, harganya lebih mahal dari monitor LCD, sehingga sulit dijangkau oleh masyarakat umum.

Plasma
  • Plasma adalah sebuah layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh fosfor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. 
  • Plasma mempunyai reproduksi warna yang sangat baik, kontras warna yang baik, dan memiliki resolusi yang tinggi. 
  • Tetapi, karena teknologi yang digunakan, monitor plasma sangat mudah panas. Malah di beberapa kasus, bila suhu ruangan tempat ia diletakkan tidak stabil, bisa juga meledak.
  • Monitor jenis ini rentan dengan noise (gangguan pada gambar), seperti smearing (tertinggalnya sinyal gambar di layar), juga color binding (lambatnya perubahan warna pada adegan-adegan cepat).

Infocus
Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan. 

Speaker
Speaker merupakan perangkat keluaran yang menghasilkan suara, di mana suara tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card (kartu suara).

Printer
Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik didalam media kertas. 

Daisy Wheel Printer
  • Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan. 
  • Oleh pemakai, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang diinginkan. 
  • Cara bekerjanya relatif sangat lambat serta tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik. 
  • Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan sangatlah bagus. 
  • Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar ataupun grafik.

Dot Matrix Printer
  • Dot matrix adalah sistem pembentukkan karakter dari sejumlah titk-titik. Printer dot matrix mempunyai elemen yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas.
  • Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas.

Ink Jet Printer
  • Ink jet printer adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. 
  • Ink jet printer yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik. 
  • Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. 
  • Teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. Panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. 

Plotter
  • Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. 
  • Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. 
  • Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
  • Head dari plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer. 
Share on Google Plus

About Dadan Pauzan

Kami merupakan salah satu komunitas yang hobi menulis artikel di blog, main game, ngoding, edit musik dan membuat video.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentarnya di Bawah ini....!!!!!